Brevet-Insignia operator pasukan khusus

Brevet atau pun insignia merupakan tanda yang diberikan oleh suatu institusi kepada personal yang telah lulus dari suatu standard yang telah ditentukan oleh suatu institusi, begitu juga dalam satuan-satuan khusus militer Republik Indonesia, memberikan satu tanda kecakapan terhadap personal atau pun operator yang telah selesai dan lulus suatu pendidikan, berikut ini disarikan beberapa brevet yang biasa dimiliki oleh seorang operator pasukan khusus.

NB: Acapkali brevet juga diberikan kepada orang sebagai penghormatan, tanpa orang tersuebut harus melalui pendidikan kecakapan yang seharusnya, biasa disebut brevet kehormatan.

Brevet Komando, Kopassus, TNI AD
Brevet Komando Pasukan Khusus TNI ADBrevet kualifikasi Komando yang digunakan sejak tahun 1966 sampai dengan sekarang didesain oleh Mayor Djajadiningrat. Brevet ini dipakai oleh seluruh lulusan Komando di Batujajar. Kolonel Sarwo Edhie Wibowo dalam demonstrasi ”Show Of Force” di parkir Senayan pada 4 Januari 1966 menggunakan Brevet kualifikasi Komando yang baru.


Brevet Tri Media, Intai Amfibi, Marinir TNI AL 
brevet Intai Para Amfibi Korps Marinir
Brevet trimedia ini disematkan didada prajurit Marinir yang telah menyelesaikan pendidikan intai amfibi selama 8-9 bulan di pusat pendidikan Marinir Karangtekok, Banyuwangi. Untuk anggota taifib yang telah melakukan 30 penerjunan akan mendapat satu bintang diatas, 60 penerjunan 2 bintang dan 90 penerjunan tiga bintang. kadang bintang nya berwarna merah berarti terjun tempur.

Brevet Trident Kopaska

Brevet ini sejatinya adalah produk dari US Navy Seal, operator Kopaska yang tergabung dalam unit anti teror Kopaska biasanya mengenakan brevet ini.



Brevet Komando Kopaskhas TNI AU
BREVET KOMANDO TNI AU